Penerapan Repacking dan Digital Marketing Rengginang Singkong pada Kelompok UMKM Desa Cialam Jaya Kecamatan Konda Kabupaten Konawe Selatan
DOI:
https://doi.org/10.4876/jurdimas.v1i1.83Keywords:
umkm, rengginang, wirausaha, produkAbstract
Pelaku UMKM rengginang singkong masih memiliki banyak kelemahan dalam menjalankan kegiatan usaha. Kelemahan yang dimiliki menimbulkan masalah yang perlu diselesaikan. Permasalahan yang sedang dihadapi yaitu kurangnya pengetahuan terhadap pentingnya desain kemasan dan pemasaran produk. Produk makanan yang diperjualbelikan tidak menggunakan desain kemasan. Selain itu, mereka hanya menggunakan plastik putih yang relatif tipis untuk pengemasan produk. Sementara itu, kemasan yang baik dengan desain menarik merupakan suatu hal penting untuk melindungi produk dan memperkenalkan merek kepada konsumen. Dalam menjalankan kegiatan usaha, pelaku UMKM menjual produk hanya di pasar tradisional dan warung warga setempat. Oleh karena itu, masyarakat luas tidak mengetahui keberadaan produk tersebut. Metode dalam pengabdian ini yaitu melalui wawancara mendalam dengan pelaku UMKM untuk identifikasi masalah dan solusi yang dibutuhkan. Tujuan dari kegiatan ini yaitu untuk memberi pemahaman kepada pelaku UMKM terhadap peran penting desain kemasan dan pemasaran produk. Hasil dari pengabdian ini adalah desain kemasan yang dapat digunakan untuk produk UMKM. Produk dan lokasi UMKM terdaftar pada Google Maps agar dapat diakses oleh masyarakat luas. Selain itu, terbentuknya peta potensi sebagai informasi keberadaan UMKM untuk pengguna jalan maupun pendatang desa. Dari kegiatan ini diharapkan dapat membantu pemerintah desa untuk pengembangan kegiatan usaha masyarakat.