Dampak Penutupan TikTok Shop Terhadap Pengguna dan Pelaku Bisnis Dalam E-Commerce
Indonesia
Keywords:
TikTok Shop; Pengguna E-Commerce; Pelaku E-CommerceAbstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dampak penutupan TikTok Shop, yang merupakan platform e-commerce di TikTok, terhadap pengguna dan pelaku bisnis. Kami menggunakan metode penelitian kualitatif dengan wawancara mendalam dan analisis konten dari pengguna TikTok Shop dan pedagang di platform tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penutupan TikTok Shop berdampak signifikan pada pengguna dan pelaku bisnis. Pengguna merasa kecewa karena kehilangan akses ke beragam produk yang ditawarkan oleh TikTok Shop. Selain itu, beberapa pelaku bisnis menghadapi tantangan dalam mencari platform pengganti untuk menjual produk mereka. Studi ini juga mengungkapkan bahwa penutupan TikTok Shop memberikan dampak positif bagi kompetitor e-commerce lainnya, karena pengguna dan pedagang beralih ke platform lain yang mirip. Namun, secara keseluruhan, penutupan TikTok Shop menimbulkan ketidakpastian dalam ekosistem e-commerce TikTok. Penelitian ini memberikan wawasan yang berharga bagi pengembang platform e-commerce dan pengguna TikTok Shop dalam memahami implikasi penutupan platform serupa di masa mendatang.
References
DAFTAR PUSTAKA
Creswell, J. W. (2013). Penelitian Kualitatif & Desain Riset: Memilih di Antara Lima Pendekatan.
Eriksson, Palvi & Anne Kovalainen (2008). Metode Kualitatif dalam Penelitian Bisnis. Penerbit SAGE Publications Ltd. DOI:https://doi.org/10.4135/9780857028044
Huda, Nailul. (2023). Analisis Dampak Penutupan TikTok Shop terhadap Penjualan Barang Impor. Jakarta: Kompas TV.
Laporan Momentum Works. (2023). Ecommerce in Southeast Asia.
Masduki, Teten. (2023). Wawancara dengan Menteri Koperasi dan UKM tentang Dampak Penutupan TikTok Shop. CNBC Indonesia.
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Metode-Metode Penelitian Kualitatif: Pendekatan Praktis.
Patton, M. Q. (2015). Qualitative Research & Evaluation Methods: Integrating Theory and Practice. Sage Publications.
Purnama, Yeta. (2023). Dampak Penutupan Tiktok Shop terhadap UMKM. Center of Economic and Law Studies (Celios).
Suyatno, Agus. (2023). Pendapat Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia tentang Penutupan TikTok Shop. Kompas.com.
Yahoo.finance.com. (2023, Juni 2023). 3 Saham E-Commerce ini Menguat Setelah TikTok Shop Ditutup. https://finance.yahoo.com/quote/GOTO.JK/chart?p=GOTO.JK
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial dan Pendidikan Universitas Nahdlatul Ulama Sulawesi Tenggara

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.