Pemanfaatan Media Sosial Tiktok Sebagai Sumber Informasi Bagi Gen Z Di Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Nahdlatul Ulama Sulawesi Tenggara

Authors

  • Andi Baso Akbar, Ashar Hasyim, Asmurti Universitas Nahdlatul Ulama Sulawesi Tenggara

Keywords:

Media Sosial; TikTok; Gen Z

Abstract

Penelitian ini adalah hasil penelitian Pemanfaatan Media Sosial TikTok Sebagai Sumber Informasi Bagi Gen Z Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Nahdlatul Ulama Sulawesi Tenggara. Lokasi penelitian ini berada di Universitas Nahdlatul Ulama Sulawesi Tenggara Kendari. Data di kumpulkan dan dianalisa melalui metode deskriptif kualitatif . Tujuannya untuk mengetahi pemanfaatan media sosial tiktok sebagai sumber informasi dan terpaan informasinya pada gen Z di Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Nahdlatul Ulama Sulawesi Tenggara. Teknik penentuan informan menggunakan snow ball. Hasil penelitian menunjukkan bahwa generasi Z dalam memanfaatkan media sosial TikTok sebagai sumber informasi, tidak selalu memilih informasi apa yang ingin mereka tonton. Hal ini dikarenakan terdapat fitur seperti FYP atau for your page yang memilihkan informasi berdasarkan preferensi pengguna atau akun yang mereka ikuti di media sosial tiktok.. Berdasarkan paparan informasinya konten yang mereka anggap menarik biasanya akan di tonton dengan waktu yang lama, algoritma tiktok akan merekomendasikan konten yang serupa jika suatu video di putar secara berulang ulang. Penelitian ini menggunakan Teori Kultivasi yang dikemukakan oleh George Gerbner 1969 yang meliputi 4 tahapan, yakni Televisi, durasi menonton, paparan dan realitas sosial.

References

Andriani, S., Syahruddin, Sari, P. P., & Kasim, H. S. (2024). Pengaruh Tagline Gratis Ongkir Dan Pengiriman Cepat Terhadap Keputusan Pembelian. 2(1), 134–143. https://jurnal.unusultra.ac.id/index.php/jisdik/article/view/69/58

Dakwah, M., Kalangan, D. I., Basyaiban, H., Far, H. J. A., Dan, S., & Daulay, S. (2023). Oleh: ARINI IZZAKA NIM: D20191007 (Issue November).

Fitrianti, A., Dwi, E., Watie, S., & Ersyad, F. A. (2021). Personal Branding Mahasiswa Ilmu Komunikasi Usm Geri Da Pinto Pada Akun Creator Tiktok @Omagaaakkk. Dinamika Sosial Budaya, 23(1), 10–21.

Gramedia. (2022). Manfaat Media Sosial Untuk Kehidupan Sehari-hari. Gramedia.

Harahap, N. (2020). PENELITIAN KUALITATIF. In dr. hasan sazali M.A (Ed.), Wal Ashari Publishing. Wal Ashari Publishing.

Kaomaneng, C. E. (2015). Analisa Pemodelan Efektivitas Komunikasi Interpersonal dalam rangka Peningkatan Mutu Pendidikan (Studi Kasus: FTI UKSW).

Kartini dkk. (2020). Metode Analisis Framing dalam Media Sosial. Jurnal Edukasi Nonformal, 3(2), 142.

Menungsa, A. S. (2023). Agricultural Development Messages ( Study At the Office of the Konawe District Agricultural Extension Agency ). 5(1), 271–279. https://www.journal.stieamkop.ac.id/index.php/mirai/article/view/3548

Nurdiani, Nurida Isnaeni, P. L. (2022). Dan Sedekah Di Lembaga Amil Zakat Nasional Baitull Mall Hidayatullah Jambi Di Masa Pandemi Covid-19. 1(1), 49–61.

Ode, L., Nasir, M., & Hasyim, A. (2023). Pemanfaatan Media dalam Penyebaran Pesan Wajib Pajak pada Masyarakat di Wilayah Kota Kendari. Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Media Sosial (JKOMDIS), 3(1), 117.

Sitti Utami Rezkiawaty Kamil, Rita Gani, Anwar, C. R., Astrid, A. F., Wahyuningsih, M. P., Olvy Andari, & Isamu, N. I. (2022). Why Gen-Z in Kendari Crave Horror Youtube Content? Proceedings Of International Conference On Communication Science, 2(1), 937–941. https://doi.org/10.29303/iccsproceeding.v2i1.141

Syahruddin. (2020a). Pengaruh Teknologi Informasi Dan Komunikasi Terhadap Efektivitas Komunikasi Antarpribadi Mahasiswa. Kareba: Jurnal Komunikasi Unhas, 9(2), 308–315.

Syahruddin, S. (2020b). Pengaruh Teknologi Informasi Dan Komunikasi Terhadap Efektivitas Komunikasi Antarpribadi Mahasiswa. Kareba: Jurnal Komunikasi Unhas, 7(1), 81–90. https://journal.unhas.ac.id/index.php/kareba/article/view/10368

Syahruddin, S., Mardiana, M., & Purwitasari, P. (2016). PERENCANAAN KOMUNIKASI PEMERINTAH DAERAH BUTON UTARA DALAM PEMBANGUNAN. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(August), 128. https://ejournal.unisbablitar.ac.id/index.php/translitera/article/view/1352

Vardiansyah, D. (2018). 193-385-1-Sm. Kultivasi Media Dan Peran Orangtua: Aktualisasi Teori Kultivasi Dan Teori Peran Dalam Situasi Kekinian, 15, 64–76.

Downloads

Published

2024-05-04

How to Cite

Andi Baso Akbar, Ashar Hasyim, Asmurti. (2024). Pemanfaatan Media Sosial Tiktok Sebagai Sumber Informasi Bagi Gen Z Di Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Nahdlatul Ulama Sulawesi Tenggara. Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 2(2), 132–139. Retrieved from https://jurnal.unusultra.ac.id/index.php/jisdik/article/view/160

Issue

Section

Articles