Analisis Peran Public Relation Dalam Mengatasi Krisis Perusahaan Di PT. Kalla Toyota Kendari
Keywords:
Perusahaan; Public Relation; Toyota; Media Massa; KaryawanAbstract
Public Relation disingkat PR telah banyak dipraktekkan diberbagai organisasi ataupun perusahaan dalam rangka menunjang manajemen untuk mencapai tujuannya secara efektif dan efisien. Dalam sebuah perusahaan banyak terjadi krisis akibat suatu permasalahan di internal dan eksternal perusahaan. Olehnya itu diperlukan peran seorang PR yang maksimal dan profesional dalam bidangnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja peran PR dalam mengatasi krisis perusahaan di PT. Toyota Kalla Kendari. Penelitian ini jenis kualitatif dengan informan sebanyak 5 orang yang terdiri dari pimpinan PT. Kalla Toyota Kendari dan 4 orang staf di bidangnya masing-masing. Hasil penelfitian menunjukkan bahwa dalam mengatasi krisis di perusahaan PR berperan sebagai pembinaan hubungan antara atasan dengan bawahan, atasan dengan atasan, bawahan dengan bawahan sering dilakukan, sedangkan melalui eksternal public melalui pembuatan brosur perusahaan yang memuat spesifikasi dan produk, serta pemanfaatan media sosial. Sedangkan krisis yang pernah terjadi yaitu penurunan penjualan, PHK karyawan, upah kerja yang rendah, dan pemogokan kerja sebagian karyawan. Faktor-faktor yang mendukung fungsi PR dalam mengatasi krisis perusahaan terdiri atas faktor pendukung yaitu kepercayaan manajemen perusahaan, membangun kerjasama dengan media serta terbatasnya tenaga atau staf di bidang PR.
References
Afnan, D., & Fathurrohman, F. (2020). Kegiatan Marketing Public Relations dalam Mempertahankan Citra Perusahaan. Jurnal Soshum Insentif, 8–17. https://doi.org/10.36787/jsi.v3i1.199
Batoebara, M. U., & Zebua, D. (2021). Peran Public Relations Dalam Meningkatkan Citra Positif Hotel Santika Premiere Dyandra Medan. Network Media, 4(2), 20–39. https://doi.org/10.46576/jnm.v4i2.1403
Besar, I., & Zainal, A. G. (2016). Peran Public Relations Dalam Membangun Citra. Prosiding Seminar Nasional Komunikasi 2016, 3, 367–373.
Puspokusumo, A. (2011). Peranan Management Public Relations dalam Mempertahankan Citra Perusahaan Jasa Perhotelan: Studi Kualitatif pada Re-Opening Hotel Mandarin Oriental, Jakarta. Binus Business Review, 2(1), 202. https://doi.org/10.21512/bbr.v2i1.1128
Rahmadani, F., & Andrini, S. (2021). Strategi Public Relations Dalam Membangun Citra Perusahaan Melalui Pameran Indonesia International Motor Show (Iims). Jurnal Audience, 4(01), 38–59. https://doi.org/10.33633/ja.v4i01.4203
Rondonuwu, S. A. (2018). Peran Public Relations Terhadap Meningkatkan Citra Perusahaan Pt. Trakindo Manado. Jurnal Administrasi Publik, 3(42), 1–11.
Silalahi, U. (2012). Metode Penelitian Sosial (A. Gunarsa (ed.); Edisi 3, M). PT. Refika Aditama.
Silalahi, U. (2017). Metode Penelitian Sosial Kuantitatif. In Nurul Falah Atif (Ed.), Refika Aditama (5th ed., Vol. 5, Issue 5). Refika Aditama.
Syahruddin. (2020). Pengaruh Teknologi Informasi Dan Komunikasi Terhadap Efektivitas Komunikasi Antarpribadi Mahasiswa. Kareba: Jurnal Komunikasi Unhas, 7(1), 81–90. https://journal.unhas.ac.id/index.php/kareba/article/view/10368
Syahruddin, S., Menungsa, A. S., Mahdar, M., Asmurti, A., & Muslan, M. (2023). Fenomena Komunikasi di Era Virtualitas (Sebuah Transisi Sosial sebagai Dampak Eksistensi Media Sosial) (Komarudin (ed.); 1st ed., p. 240). CV. Green Publisher Indonesia. https://greenbook.id/product/fenomena-komunikasi-di-era-virtualitas-sebuah-transisi-sosial-sebagai-dampak-eksistensi-media-sosial/
Windriati, A. R., Darmawan, A., & Romadhan, M. I. (2019). Peran Public Relations Dalam Membangun Citra Di Atlantis Land Surabaya. Representamen, 5(1). https://doi.org/10.30996/representamen.v5i1.2394
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial dan Pendidikan Universitas Nahdlatul Ulama Sulawesi Tenggara
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.